Apa ajja boleh

Foto Saya
sebri asdian
Lihat profil lengkapku

Sabtu, 19 November 2011

Batu Lesung Ratusan Tahun Ada di Koto Majidin







Batu lesung yang terdapat di Koto Majidin yang merupakan benda peninggalan sejarah.(F:Averman)
Batu lesung yang terdapat di Koto Majidin yang merupakan benda peninggalan sejarah.(F:Averman)
KERINCI - Batu Lesung yang diperkirakan sudah berumur ratusan tahun lalu terdapat di Koto Majidin tepatnya di samping rumah Syafrizaldi yang merupakan Kepala Desa Koto Majidin Mudik Kecamatan Air Hangat Kabupaten Kerinci. Dari pantauan Harian ini di lapangan, Batu Lesung tersebut masih dalam bentuk yang utuh dan sangat nampak ciri-ciri khas peninggalan zaman dahulu. Seperti yang dikatakan Kades Koto Majidin Mudik, Syafrizaldi. ‘’Batu Lesung ini merupakan batu lesung zaman dahulu dan kita perkirakan umurnya sudah ratusan tahun.
Bentuknya pun masih utuh layaknya seperti peninggalan zaman-zaman dahulu,” ujar Syafrizaldi Minggu (02/10) kemarin. Kepala Desa Koto Majidin Mudik ini juga mengungkapkan bahwa batu lesung ini dulunya terletak di tengah-tengah rumah warga pemilik tanah. Karena di tanah tersebut mau dibangun rumah, maka dari itu batu lesung ini dipindahkan ke depan rumah pemilik tanah tersebut.

‘’Dulunya batu lesung ini berada di tengah-tengah rumah pemilik tanah, tapi sekitar 30 tahun lalu dipindahkan ke depan rumah pemilik tanah tersebut,’’ ungkap Syafrizaldi. Sementara itu, Rahmat Dayah, pemilik rumah tempat keberadaan Batu Lesung tersebut mengatakan pemindahan batu lesung ini tidak bisa sembarang orang. Tapi harus orang tertentu yang bisa memindahkan batu lesung tersebut.

‘’Orang yang bisa memindahkan batu ini adalah orang yang dianggap memiliki ilmu-ilmu khusus yang biasa kita kenal dengan orang pintar. Soalnya batu zaman-zaman dahulu kata orang tua-tua memiliki cerita mistis,” ujar Rahmat Dayah. Ia mengatakan, batu lesung ini memiliki muara di tengah sering terisi oleh air, air yang masuk ke lubang batu lesung tersebut oleh orang-orang diyakini bisa mengobati berbagai penyakit.

‘’Sudah sering beberapa orang yang datang ke sini untuk mengambil air di dalam batu lesung. Tapi saat kami tanya untuk apa air ini, mereka hanya menjawab untuk obat,” kata Rahmat. Meski batu lesung ini merupakan peninggalan zaman dahulu oleh pemilik rumah yang tempat lokasi ditemukannya batu lesung ini tidak ingin memindahkan batu lesung tersebut ke tempat lain. ‘’Pasalnya, batu ini merupakan bukti sejarah adanya aktivitas kehidupan dari nenek moyang mereka pada dahulu kala,’’ ujarnya.


Sumber : Regi Senjaya >>>

0 komentar:

Postingan Populer

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

New Tutorial

 

New Story of My Life

Follow Us With Facebook

Copyright© 2011 Kerinci Community | Template Blogger Designer by : Utta' |
Template Name | Uniqx Transparent : Version 1.0 | Zero-Nine.Net